Brake pads/Kampas rem
Last updated
Last updated
Brake pads atau brake shoes atau kampas rem adalah komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan. Kampas rem adalah bantalan gesek yang dipasang di dalam kaliper rem pada mobil, sedangkan Brake shoes adalah bantalan gesek yang dipasang di dalam tromol rem pada sepeda motor maupun beberapa mobil. Ketika rem diberlakukan, kampas rem atau brake shoe akan menekan cakram rem atau drum rem, menciptakan gesekan yang mengurangi kecepatan kendaraan.
Diawali dengan part number: 45022, 43022, 43153, 01431, 01432
Beberapa merk brake pads/kampas rem/brake shoe yang Dijual Bravo Motor: Honda, JR, Original, Premium, Nissin, TigaBaut, Mergent, Trestor, Hi-Tec, NoBrand, B&C, Bensco, TigaBautJR, PM, MaxStop, MS, RMX, Welford
Ada beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kampas rem. Berikut adalah beberapa jenis bahan kampas rem beserta kelebihan dan kekurangannya:
Kampas Rem Organik:
Kelebihan:
Lebih tenang dan memberikan pengereman yang halus.
Biaya produksi yang lebih rendah, sehingga lebih terjangkau.
Kekurangan:
Lebih cepat aus dibandingkan dengan bahan lain.
Performa pengereman dapat menurun jika terkena panas berlebih.
Kampas Rem Semi-Metalik:
Kelebihan:
Tahan panas lebih baik daripada kampas rem organik.
Lebih tahan aus dan memiliki umur pakai yang lebih lama.
Kekurangan:
Menyebabkan lebih banyak keausan pada cakram rem.
Pengereman mungkin kurang halus dan sedikit berisik.
Kampas Rem Penuh Logam:
Kelebihan:
Sangat tahan panas dan memiliki umur pakai yang sangat panjang.
Memberikan pengereman yang kuat dan efektif, terutama pada kondisi pengereman berat.
Kekurangan:
Menyebabkan lebih banyak keausan pada cakram rem.
Kurang efektif pada pengereman ringan karena cenderung kasar.
Kampas Rem Keramik:
Kelebihan:
Sangat tahan panas dan memberikan pengereman yang kuat dan stabil.
Umur pakai yang panjang dan tahan aus.
Kekurangan:
Harga lebih tinggi daripada jenis bahan lain.
Lebih sensitif terhadap getaran dan keausan pada cakram rem.
Kampas Rem Karbon-Keramik:
Kelebihan:
Sangat ringan dan tahan panas ekstrem.
Memberikan pengereman yang sangat kuat dan efisien.
Kekurangan:
Sangat mahal dan sulit untuk diproduksi.
Memerlukan cakram rem khusus yang juga mahal.
Pemilihan jenis bahan kampas rem harus didasarkan pada penggunaan kendaraan dan preferensi pengemudi. Pengemudi yang mencari pengereman halus dan tenang mungkin lebih suka menggunakan kampas rem organik atau semi-metalik, sementara mereka yang membutuhkan pengereman kuat pada kondisi berat mungkin memilih kampas rem penuh logam atau keramik. Namun, penting untuk memahami bahwa setiap jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan pengereman yang optimal tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan yang sebenarnya.
Bagaimana Mengetahui Jika Rusak:
Tanda-tanda kampas rem atau brake shoe yang aus atau rusak termasuk suara berdecit atau berderit saat menginjak rem, pengereman yang tidak efektif, atau ketidaknormalan pada pedal rem. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera periksa dan ganti kampas rem atau brake shoe.
Bagian Lain yang Harus Diganti Bersamaan dengan Kampas Rem/Brake Shoe untuk Pengalaman Berkendara Terbaik:
Cakram Rem/Disc brake/Rotor disc: Jika kampas rem aus, cakram rem mungkin juga perlu diganti jika telah terlalu tergores atau terlalu tipis.
Tromol Rem: Jika brake shoe aus, pastikan tromol rem dalam kondisi baik. Jika tromol terlalu aus, sebaiknya diganti bersamaan dengan sepatu rem.
Cairan Rem / minyak rem (Brake Fluid): Periksa dan ganti cairan rem secara teratur. Cairan rem yang buruk dapat mengurangi efisiensi pengereman.
Master Silinder Rem (Master Brake Cylinder): Periksa apakah master silinder rem bocor atau aus. Master silinder rem yang bocor dapat menyebabkan kebocoran cairan rem dan kehilangan tekanan pengereman.
Sistem ABS (jika ada): Jika kendaraan dilengkapi dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS), pastikan sensor-sensor dan komponen-komponen ABS berfungsi dengan baik.